Latest News

Featured Article

Cara Dapat Uang Tambahan Lewat Smartphone Android

Banyak orang mau melakukan apa saja untuk mendapatkan uang tambahan . Terlebih lagi jika melakukannya dengan cara yang instan dan cepat. Mem...

Tips Menempatkan Keyword Dengan Benar di Dalam Artikel

Ada banyak yang harus dioptimasi guna memperoleh trafik pengunjung yang tinggi. Selain SEO friendly, sebuah blog juga dituntut harus selalu konsisten menyediakan konten-konten fresh yang original dan asli. Baca: Cara Membuat Artikel Yang Disukai Oleh Google. Apalagi jika ditambah dengan mengoptimasi SEO di dalam konten-konten tersebut. Ini akan menghasilkan poin plus di mata mesin pencari seperti Google. Jika demikian, maka bukan tidak mungkin trafik yang banyak akan datang dari mesin pencari ke blog Anda.

Menulis konten original yang SEO friendly memang dikenal cukup sulit di kalangan blogger. Namun, sesungguhnya itu tidak teralu sulit jika Anda melakukan teknik optimasinya dengan benar dan sesuai. Anda hanya perlu memfokuskan penggunaan keyword atau kata kunci andalan Anda di beberapa tempat di dalam artikel. Namun, hal ini bukan berati Anda harus lebih mementingkan SEO ketimbang kualitas konten yang diinginkan oleh pengunjung. Sebaiknya kita harus pandai-pandai menempatkan keyword tersebut agar terihat natural dan tetap enak dibaca oleh pengunjung, tapi tidak mengabaikan unsur SEO di dalamnya.

Baca juga: Cara Terbaru Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner.

Untuk itu, dalam artikel kali ini, saya ingin mengulas beberapa tips andalan yang sering saya lakukan untuk menempatkan keyword dengan benar di dalam artikel.

Posisi Terbaik Menempatkan Keyword di Dalam Artikel

menempatkan keyword di dalam artikelSebelum memulai, saya ingin mengingatkan kembali bahwa terlalu banyak menempatkan keyword di dalam artikel membuat kesehatan blog kita memburuk, karena mesin pencari tidak suka dengan teknik seperti itu. Untuk itu, kepadatan keyword (keyword density) harus benar-benar kita jaga dan tidak lebih dari 3% dari total kata atau panjangnya artikel.

Berikut ini adalah posisi-posisi terbaik untuk menempatkan keyword atau kata kunci andalan Anda di dalam artikel yang patut Anda coba untuk menunjang SEO blog Anda.

1. Pada Judul Artikel

Posisi pertama yang harus Anda sisipkan keyword adalah pada judul artikel. Judul artikel merupakan tempat yang sangat penting untuk menempatkan keyword yang ditargetkan. Di samping bahwa judul artikel memang harus menarik, tetapi akan lebih baik jika Anda menyisipkan keyword yang Anda bidik di dalamnya. Ini dilakukan agar nantinya jumlah trafik yang datang bukan hanya dari sosial media saja, melainkna lewat mesin pencari.

2. Pada Awal dan Akhir Artikel

Ingatlah untuk menempatkan keyword Anda pada bagian awal dan akhir artikel. Kedua tempat ini merupakan tempat terbaik bagi mesin pencari untuk mencari keyword agar nantinya blog bisa mendapatkan ranking yang baik.

Ingat! Jangan selalu menggunakan kata-kata yang sama berulang kali. Gunakanlah kata-kata yang masih terkait dengan keyword Anda. Pikirkanlah kata-kata yang orang kemungkinan cari yang masih terkait dengan keyword yang ditargetkan.

Dengan menggunakan kata-kata yang tidak diulang beberapa kali, tidak hanya melindungi artikel Anda dari penalty keyword stuffing, tapi juga bisa membantu meningkatkan trafik blog Anda karena lebih banyak keyword yang dimunculkan oleh mesin pencari karena artikel Anda tidak terfokus pada satu frase keyword saja.

3. Pada Gambar Artikel

Fungsi gambar di dalam artikel adalah untuk mendukung topik yang dijelaskan di dalam sebuah artikel. Tanpa adanya gambar, artikel terlihat kaku dan tidak reader friendly. Penggunaan gambar pendukung di dalam artikel sangat direkomendasikan oleh Google, asalkan penggunaannya tidak berlebihan dan masih terkait dengan topik yang dibahas di dalam artikel.

Selain itu, penggunaan gambar akan menjadikan artikel kita lebih SEO friendly, asalkan Anda melakukan tekniknya dengan benar. Tekniknya adalah dengan menyisipkan keyword yang ditargetkan di dalam gambar dengan menggunakan Title tag dan juga Alt tag di dalam gambar itu sendiri. Lihat gambar!

menempatkan keyword di dalam gambar

penggunaan title tag dan alt tag di dalam gambar

Dengan menyisipkan keyword yang Anda targetkan di dalamnya, maka artikel Anda akan terlihat semakin baik di mata mesin pencari.

4. Pada Label Artikel

Fungsi label artikel tidak hanya digunakan untuk mengkategorikan artikel blog kita saja, namun kita juga dapat memfungsikannya untuk menargetkan keyword di dalamnya. Berhentilah menggunakan keyword-keyword yang tidak penting di dalam label Anda. Gunakanlah nama yang tepat sasaran sesuai dengan keyword yang Anda targetkan sebagai nama label yang Anda gunakan.

5. Pada Permalink Artikel

menempatkan keyword di dalam permalink
Permalink merupakan URL dari artikel blog kita. Ini adalah posisi "kunci" untuk menempatkan keyword Anda dalam sebuah artikel. Secara default, permalink dibuat berdasarkan judul artikel kita. Tapi, Anda bisa mengubah permalink tersebut untuk menambahkan keyword Anda dan membuang beberapa kata yang tidak perlu.

Untuk mengubahnya, Anda bisa mengeditnya melalui Post Settings pada bagian Permalink di sebelah kanan, lalu pilih Custom Permalink. Anda harus mengatur permalink ini sebelum artikel diterbitkan. Namun, jika artikel Anda sudah diterbitkan, maka permalink sudah tidak bisa diedit lagi.

6. Pada Komentar Artikel

Banyak dari kita mungkin belum tau tips ini. Ternyata keyword yang ditargetkan juga bisa kita tempatkan di bagian komentar blog. Selain sebagai tempat untuk memberikan feedback kepada pengunjung blog, di bagian komentar blog juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengoptimalisasikan keyword kita.

Caranya adalah dengan menambahkan beberapa frase keyword di setiap jawaban dari pertanyaan yang ditanyakan oleh pengunjung blog Anda. Hal ini harus tampak natural, sehingga masih tetap enak dibaca oleh pengunjung. Jangan sampai Anda terlalu keras untuk menembak keyword disana, tapi jawaban yang seharusnya pengunjung dapat, akhirnya tidak diperoleh mereka.

Selain menggunakan keyword yang Anda targetkan disana, cobalah juga untuk menggunakan long tail keyword yang tentunya terkait dengan keyword utama Anda. Cara ini cukup baik dilakukan agar mesin pencari lebih mudah mengindeks blog Anda karena memiliki lebih banyak frase keyword.

Kesimpulan

Memperhatikan kepadatan keyword (keyword density) di dalam artikel memang sangat penting untuk menunjanng SEO di blog kita. Guna menjaring trafik pengunjung dari mesin pencari, teknik penempatan keyword pada posisi-posisi di atas memang sangat diperlukan. Namun, tetap jangan lupa akan kualitas isi artikel itu sendiri. Tetap konsisten dengan meng-update artikel yang bermanfaat dan tentunya yang orisinil untuk pengunjung blog Anda.

Baca juga: 3 Elemen Utama SEO di Dalam Sebuah Blog.

Nah, seperti itulah tips yang bisa Anda coba untuk bisa sukses menempatkan keyword dengan benar di artikel Anda. Semoga dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda bisa memproleh trafik pengunjung dari mesin pencari.

About The Blog Author

Memulai kembali debutnya di dunia Blogger, Erick Krisna Arinjaya membangun blog ini di akhir tahun 2014. Sebagai blogger pemula yang ingin belajar dan berbagi, lewat blog ini saya ingin fokus menulis artikel-artikel menarik dan bermanfaat, khususnya dalam bidang Blogger, SEO, dan AdSense.

0 Response to "Tips Menempatkan Keyword Dengan Benar di Dalam Artikel"

Berikanlah komentar terbaik Anda untuk isi artikel di atas di bagian kolom kometar. Komentar tidak pantas dan tidak sesuai dengan topik akan segera dihapus! Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *