Latest News

Featured Article

Cara Dapat Uang Tambahan Lewat Smartphone Android

Banyak orang mau melakukan apa saja untuk mendapatkan uang tambahan . Terlebih lagi jika melakukannya dengan cara yang instan dan cepat. Mem...

9 Elemen Penting Dalam SEO Blog Anda Untuk Jangka Panjang

Google merupakan sebuah mesin pencari terbesar saat ini. Dengan melakukan pembaharuan pada setiap alogaritmanya, Google masih tetap menjadi yang terbaik hingga saat ini. Google Panda versi 4.0 merupakan update terakhir yang dilakukan oleh Google yang membuat perubahan yang cukup signifikan pada hasil pencarian di Google (SERP). Tentunya ini merupakan sebuah perhatian yang cukup penting, mengingat kita para blogger sangat mengandalkan mesin pencari yang hebat ini.

Namun, walaupun Google selalu mengeluarkan update pada algoritma mereka (mungkin akan terus dilakukan), standard penting untuk webmaster tidak mengalami perubahan. Google menginginkan para pemilik blog untuk selalu memberikan konten terbaik dan up to date bagi visitor mereka.

Elemen Penting Dalam SEO di Blog

Terkait dengan hal tersebut di atas, maka saya akan mengulas 9 elemen penting dalam SEO blog.

9 elemen seo blog untuk jangka panjang

Sebelumnya, saya juga mengulas artikel yang serupa di: 3 Elemen Utama SEO di Dalam Sebuah Blog.

1. Update Blog dengan Konten yang Bermanfaat Bagi Pembaca

Membangun blog merupakan cara yang sangat efektif untuk mempublikasikan konten yang berhubungan dengan bisnis Anda, membangun brand, meningkatkan jumlah audiens, dan membangun otoritas untuk blog bisnis. Mungkin dulu hal ini tidak terpikir oleh kita, namun hari ini dan seterusnya hal ini merupakan sebuah keharusan.

Baca juga: Cara Membuat Artikel Yang Disukai Oleh Google.

Membangun konten yang selalu up to date dan relevan dengan bisnis Anda akan membuat blog bisnis Anda mendapat kepercayaan yang lebih dari audiens, dan tentunya dari mesin telusur Google. Kualitas konten merupakan faktor yang sangat penting bagi kesuksesan sebuah blog di mesin pencari.

2. Blog Terintegerasi Dengan Google Authorship

Fitur ini dikeluarkan oleh Google sudah lama sekali, namun masih banyak pemilik blog yang belum memanfaatkannya. Google Authorship adalah cara Google untuk memferifikasi penulis konten dalam sebuah blog, dan memperhitungkan seberapa besar keahlian (otoritas) masing-masing penulis terhadap sebuah topik. Dan ternyata Author Rank (Ranking Penulis) sangat mempengaruhi hasil pencarian di mesin telusur Google.

Selain itu, manfaat lain yang bisa didapatkan seorang pemilik blog jika mengintegrasikan blognya dengan Google Authorship adalah Authorship Markup. Anda pasti pernah melihat gambar profil penulis di dalam hasil pencarian mesin Telusur Google, nah inilah yang disebut dengan Authorship Markup. Berdasarkan penelitian, Authorship Markup bisa meningkatkan jumlah klik ke sebuah blog karena lebih menarik perhatian para pengguna Google.

authorship markup di halaman serp

3. URL Yang Teroptimasi

Poin ini sebenarnya sudah dibahas sejak dulu, dan kemungkinan besar tidak akan ada perubahan di masa-masa mendatang. Penting sekali untuk membuat pengaturan yang baik pada permalinks blog Anda, agar selalu mengandung kata kunci yang relevan dengan konten yang Anda buat.

Beberapa poin penting untuk mengoptimalkan URL Anda:
  • Mengandung kata kunci yang relevan dengan konten.
  • Panjangnya tidak lebih dari 100 karakter.
  • URL tidak memuat lebih dari 3 sub direktory (misalnya: Bisnis/Bisnis Online/eCommerce)

4. Title Tags Yang Teroptimasi

Poin ini juga sudah sering dibahas dalam setiap artikel tentang SEO. Sejak dulu penggunaan Title Tags adalah faktor yang krusial dan sangat penting untuk SEO, dan saya yakin akan begitu seterusnya. Selain harus mengandung kata kunci yang relevan dengan konten Anda, Title Tags juga seharusnya disusun dengan bahasa yang rapih agar menarik audiens untuk meng-klik dan membuka blog Anda.

Sebaiknya kita memasukkan kata kunci di dalam Title Tags secara alami. Untuk halaman utama (homepage) selain memasukkan keywords yang relevan dengan bisnis Anda, disarankan untuk menambahkan nama perusahaan, misalnya “Bisnis Kuliner Pedas – TahuJeletot.com”. Ini sangat baik untuk branding bisnis Anda. Dan untuk halaman lain, misalnya artikel konten, kita bisa juga bisa menambahkan nama perusahaan di akhir judul, misalnya “Cara membuat tahu pedas yang enak | TahuJeletot.com”.

5. Heading Tags Yang Teroptimasi

Setiap halaman di dalam blog kita seharusnya punya heading tags (H1,H2,H3). Heading tag H1 menunjukkan topik utama halaman Anda, dan merupakan elemen pertama dalam halaman tersebut, pastikan Anda hanya memiliki satu H1 saja di setiap halaman konten. Biasanya pada CMS WordPress heading tag H1 sudah tercipta secara otomatis setiap kali kita membuat konten.

Kita bisa membuat konten menjadi lebih tertata dengan menambahkan H2, dan H3, seperti yang Anda lihat di artikel ini. Sangat disarankan memasukkann kata kunci yang relevan pada H1, H2 dan H3 Anda dengan sewajarnya. Jangan terlalu memaksa menambahkan keywords, buat se-natural mungkin.

6. Tag Gambar Yang Teroptimasi

Tag pada gambar menurut saya masih sangat penting untuk SEO, ini penting untuk memperkuat relevansi antara konten teks dan gambar. Selain itu, gambar yang teroptimasi dengan baik akan mendapatkan peringkat yang baik dalam daftar pencarian gambar di Google Image Search. Bagi pengguna platform WordPress bisa menggunakan plugin SEO Friendly Images, plugin ini dapat membantu menambahkan Alt gambar sesuai dengan keyword yang dibidik secara otomatis.

7. Menambahkan Keywords di Dalam Konten

Menurut saya strategi penambahan keywords di dalam konten adalah faktor yang masih krusial dalam SEO, dan akan selalu begitu. Memasukkan kata kunci yang relevan berikut dengan kata kunci yang masih berhubungan adalah praktek optimasi SEO yang baik, namun perhatikan juga frekuensi penggunaa keywords di dalam konten karena terlalu banyak memasukkan kata kunci tertentu di dalam konten akan dianggap keywords stuffing yang bisa berakibat buruk pada SEO blog Anda.

Memaksimalkan penggunakan keywords secara maksimal merupakan bentuk copywriting yang sangat baik. Tentunya ini akan sangat berguna bagi audiens Anda, dan sekaligus SEO blog Anda.

Baca juga: Cara Terbaru Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner.

8. Membangun Konten yang Membahas Sebuah Topik Secara Mendalam

Kita perhatikan bahwa saat ini Google cenderung lebih mengutamakan konten yang mendalam pada hasil pencarian mereka, biasanya kontennya panjang. Sangat mudah membuat sebuah konten sederhana dengan teks sebanyak 400 kata, lalu mengoptimasinya untuk beberapa kata kunci tertentu. Sepertinya Google sudah menyadari hal ini.

Bila saat ini Anda memiliki beberapa artikel post yang pendek (400 kata atau kurang), kemungkinan besar konten tersebut tidak mendapat posisi yang baik di mesin pencari. Jika Anda ingin mendapat trafik lebih banyak dari artikel tersebut, mungkin Anda perlu memperbaikinya. Sebenarnya tidak ada standar pasti untuk jumlah kata dalam setiap artikel Anda, tapi biasanya konten yang membahas sebuah topik secara mendalam setidaknya bisa mencapai 1000 kata atau lebih.

9. Membangun Konten Yang Saling Terkait

Cukup banyak pemilik blog yang berusaha mengoptimasi halaman tertentu untuk mendapatkan trafik dari beberapa kata kunci yang agak melebar sekaligus. Pada beberapa kasus ini bisa saja kita terapkan jika beberapa kata kunci tersebut memang masih sangat berkaitan. Namun, bila beberapa kata kunci tersebut agak melebar, akan lebih baik bila kita membangun beberapa konten yang berbeda dan membahas secara fokus masing-masing kata kunci yang akan dioptimasi.

Membangun banyak konten yang saling terkait akan sangat baik untuk kampanye SEO blog Anda. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan pengalaman audiens Anda selama berada di blog bisnis Anda. Sertakan internal link di dalam setiap konten Anda, agar pembaca bisa menjelajahi lebih banyak konten di blog Anda tersebut.

Kesimpulan

Seperti yang kita lihat, beberapa elemen penting dalam SEO tidak mengalami perubahan selama bertahun-tahun, sedangkan yang lain mengalami perubahan. Poin penting yang bisa kita ambil dari sini adalah tujuan Google yang selalu sama dari tahun ke tahun, yaitu berusaha memberikan user mereka hasil pencarian yang paling relevan dengan konten terbaik.

About The Blog Author

Memulai kembali debutnya di dunia Blogger, Erick Krisna Arinjaya membangun blog ini di akhir tahun 2014. Sebagai blogger pemula yang ingin belajar dan berbagi, lewat blog ini saya ingin fokus menulis artikel-artikel menarik dan bermanfaat, khususnya dalam bidang Blogger, SEO, dan AdSense.

0 Response to "9 Elemen Penting Dalam SEO Blog Anda Untuk Jangka Panjang"

Berikanlah komentar terbaik Anda untuk isi artikel di atas di bagian kolom kometar. Komentar tidak pantas dan tidak sesuai dengan topik akan segera dihapus! Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *